Peningkatan Kosakata Ekspresif pada Anak Autism Spectrum Disorder Melalui Penggunaan Pop-Up Book dengan Metode Bercerita
Abstract
Anak dengan Autism Spectrum Disorder memiliki keterbatasan dalam pembendaharaan kosakata akibat hambatan utama dalam komunikasi dan bahasa. Untuk dapat berkomunikasi dengan baik, mereka memerlukan kosakata yang memadai. Salah satu metode yang dapat digunakan untuk meningkatkan kosakata ekspresif pada anak Autism Spectrum Disorder adalah melalui media visual dan gambar, seperti pop up book yang dikombinasikan dengan metode bercerita. Pendekatan ini tidak hanya membantu dalam pengayaan kosakata, tetapi juga menjadi media pembelajaran yang menarik dan menyenangkan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penggunaan pop up book dengan metode bercerita terhadap peningkatan kosakata ekspresif pada anak Autism Spectrum Disorder di klinik Hey Kids Kartasura. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain eksperimen one group pretest posttest desain. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan total sampling, yang melibatkan 16 orang responden. Hasil penelitian menggunakan uji Paired T-Test didapatkan hasil p value 0,000 < 0,05, maka Ha diterima, yang berarti adanya pengaruh pop up book dengan metode bercerita terhadap peningkatan kosakata ekspresif pada anak Autism Spectrum Disorder. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan pop up book dengan metode bercerita berpengaruh terhadap peningkatan kosakata ekspresif pada anak ASD.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
ALVIOLITA, N. W., & HUDA, M. (2019). Media Pop Up Book Dalam Pembelajaran Bercerita. Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia, 7(1), 49. https://doi.org/10.30659/j.7.1.49-57
Arfi, Q. ’Inayatul, & Ardianingsih, F. (2021). Penerapan Metode Picture Exchange Communication System (PECS) Terhadap Keterampilan Komunikasi Anak Spektrum Autisme. JPI (Jurnal Pendidikan Inklusi), 4(2), 126. https://doi.org/10.26740/inklusi.v4n2.p126-137
Baculu, E. P. H., & Andri, M. (2019). Faktor Risiko Autis Untuk Mengurangi Generasi Autis Anak Indonesia. MPPKI (Media Publikasi Promosi Kesehatan Indonesia): The Indonesian Journal of Health Promotion, 2(1), 5–11. https://doi.org/10.31934/mppki.v2i1.522
Devika Arynanda, N., & Rahma Soleman, S. (2024). GAMBARAN TINGKAT PENGETAHUAN DAN PERILAKU TENTANG DIET GLUTEN FREE CASEIN FREE (GFCF) PADA IBU YANG MEMILIKI ANAK DENGAN AUTISME DI SLB KOTA SURAKARTA. Indonesian Journal of Public Health, 2(4), 757–768. https://jurnal.academiacenter.org/index.php/IJOH/article/view/579
Fitriah, I. I. (2019). Impelementasi Metode Bercerita Pada Pembelajaran Komunikasi Ekspresif Anak Dengan Spektrum Autis Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Khusus, 1–14. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan -khusus/article/view/31857/28901
Gandhi, L. F. (2019). Efektivitas penggunaan media flashcard untuk meningkatkan kosakata hewan ternak pada anak autis di slb citra mulya mandiri yogyakarta. Journal.Student.Uny.Ac.Id. https://journal.student.uny.ac.id/plb/article/view/16149
Hamidah, N., Sulianto, J., & Sagala, A. C. (2021). Perkembangan Bahasa pada Anak Usia 3 Tahun. Jurnal Kualita Pendidikan, 2(2), 119–123. https://doi.org/10.51651/jkp.v2i2.47
Lestari, L. M., Pamuji, D. H., & Kes, M. (2013). Aktivitas Berbicara Melalui Metode Bercerita Dengan Gambar Seri Pada Anak Autis. Jurnal Pendidikan Luar Biasa. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-khusus/article/view/3541
Lutfi, M., & Munizu, M. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Tunagrahita Ringan Sdlb Melalui Media Pop Up Book Pada Mata Pelajaran Matematika Di Slb Negeri Brebes. Jurnal Konseling Pendidikan Islam, 4(1), 120–125. https://doi.org/10.32806/jkpi.v4i1.282
Psychiatric association, A. (2013). Diagnostic and Statistical Manual of Mental Disorders. In Encyclopedia of Applied Psychology, Three-Volume Set (Vol. 1). https://doi.org/10.1016/B0-12-657410-3/00457-8
Pusdatin Kemendikbud. (2020). Statistik Pendidikan Luar Biasa 2019-2020. Pusat Data Dan Teknologi Informasi., 195. https://repositori.kemdikbud.go.id/18304/
Puspitaningtyas, A. R., & Pratiwi, V. (2019). Peningkatan Kemampuan Kosa Kata Pada Anak Autis Dengan Menggunakan Media Visual (Gambar). … on Innovation and …, Ciastech, 101–110. http://publishing-widyagama.ac.id/ejournal-v2/index.php/ciastech/article/view/1092
Puspitaningtyas, A. R., & Pratiwi, V. (2020). Pengaruh Media Visual (Gambar) Terhadap Kemampuan Kosakata Anak Autis. Al-Aulad: Journal of Islamic Primary Education, 3(1), 19–27. https://doi.org/10.15575/al-aulad.v3i1.6420
Rofi’ah, S. (2018). MEDIA GAMBAR FLASHCARD DALAM MENSTIMULASI PERKEMBANGAN BAHASA ANAK USIA 3-4 TAHUN Siti Rofi ’ ah , Anisa Setyowati , Ribkha Itha Idhayanti ( Poltekkes Kemenkes Semarang , e-mail : nandasheeta@yahoo.com ) ABSTRAK Anak dilahirkan dengan mekanisme dan kemamp. Jurnal Jendela Inovasi Daerah, I(2), 78–92. http://jurnal.magelangkota.go.id/index.php/cendelainovasi/article/download/19/8/
Safitri, I. J., & Bakhtiar, A. M. (2020). PENINGKATAN PENGUASAAN KOSAKATA DALAM KEMAMPUAN BERBICARA BAHASA INDONESIA MELALUI METODE BERCERITA SISWA KELAS III UPT SDN 100 GRESIK. Jurnal Ilmiah PGSD FKIP Universitas Mandiri, 5(September), 188–194. https://journal.stkipsubang.ac.id/index.php/didaktik/article/view/530
Santoso, dkk. (2024). PENGEMBANGAN AUGMENTED REALITY PENGENALAN PERLENGKAPAN SEKOLAH DALAM PENERAPAN FLAHSCARD DENGAN METODE PECS ( PICTURE EXCHANGE COMMUNICATION SYSTEM ) UNTUK ANAK AUTISME DI YAYASAN BALI PERMATA HATI. Kumpulan Artikel Mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika, 13, 129–139. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/KP/article/view/88652/31112
Sari, A. N., Budiman, B., & Hadinata, E. O. (2021). Interaksi Sosial Anak Autis di Sekolah Inklusi SD Harapan Mandiri Palembang. Indonesian Journal of Behavioral Studies, 1(1), 122–135. https://doi.org/10.19109/ijobs.v1i1.9266
Setyawan, D. A. (2022). Buku Ajar Statistika Kesehatan Analisis Bivariat Pada Hipotesis Penelitian (Vol. 2). Tahta Media Group. https://www.researchgate.net/publication/362127493_BUKU_AJAR_STATISTIKA_KESEHATAN_Analisis_Bivariat_pada_Hipotesis_Penelitian
Susanti, S. M., Hartati, & Ekaria, W. O. (2023). Pengenalan Media Pembelajaran Pop-Up Book pada Anak Usia Dini di TK Al-Qur’an. Journal of Human and Education, 3(2), 150–154. https://jahe.or.id/index.php/jahe/article/download/181/100/421
Trisnawati, W., & Sujarwanto. (2021). Penggunaan Media Visual ( Gambar ) Terhadap Kemampuan Penguasaan Kosakata Pada Anak Autis. Pendidikan Khusus. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-khusus/article/view/6371/7198
Ulumudin, I. (2019). Penggunaan Media Gambar Untuk Mengembangkan Penguasaan Kosakata Pada Anak Autis Usia Dini. JIV-Jurnal Ilmiah Visi, 14(1), 75–84. https://doi.org/10.21009/jiv.1401.8
Yanta, A. P. F., & Efendi Jon. (2020). Efektivitas Media Pop-Up Book Untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Vokal Bagi Anak Tunagrahita Ringan. Ranah Research: Journal of Multidicsiplinary Research and Development, 2(2), 44–50. https://jurnal.ranahresearch.com/index.php/R2J/article/view/229
Yusra, Yunisari, D., & Qadri, M. (2020). Mengembangkan Nilai Kemandirian Anak Melalui Metode Bercerita Pada Usia 5-6 Tahun. Jurnal Buah Hati, 7(2), 211–223. https://doi.org/10.46244/buahhati.v7i2.1147
DOI: http://dx.doi.org/10.33757/jik.v9i1.1286
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 JIK JURNAL ILMU KESEHATAN

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
E-ISSN : 2597-8594 (Online) P-ISSN : 2580-930X (Cetak)
Publish by STIKes Alifah Padang
Jl. Khatib Sulaiman No 52 B Kota Padang. Telp 0751-7059849. Fax 0751-7059849. Website: www.stikesalifah.ac.id
Email : jik@stikesalifah.ac.id