Marketing Mix dengan Loyalitas Pasien Rawat Jalan di Rumah Sakit

Wilda Tri Yuliza, Gusrianti Gusrianti

Abstract


Dinas Kesehatan Kota Padang menyebutkan bahwa beberapa rumah sakit di Kota Padang mengalami penurunan dan kenaikan jumlah kunjungan pasien rawat jalan setiap bulannya selama satu tahun terakhir. Salah satu penyebab ketidakstabilan jumlah kunjungan yaitu menurunnya loyalitas pasien. Seiring perkembangan era bisnis perumahsakitan dan banyaknya pesaing membuat rumah sakit mulai bergeliat untuk melakukan kegiatan pemasaran (marketing mix). Tujuan penelitian untuk mengetahui hubungan marketing mix dengan loyalitas pasien rawat jalan di Rumah Sakit X Kota Padang. Jenis penelitian kuantitatif dengan desain cross sectional dimana pengumpulan data dilakukan menggunakan kuesioner dengan teknik wawancara kepada pasien rawat jalan yang berkunjung ke Rumah Sakit X Padang selama periode pengumpulan data (Juni 2024). Penelitian ini menggunakan teknik Quota Sampling dengan jumlah sampel 110 orang. Analisis data dilakukan secara univariat dan bivariat. Hasil penelitian menunjukkan sebagian pasien rawat jalan memiliki nilai loyalitas rendah (56,6%), 36,4% pasien menyatakan product kurang baik, 34,5% menyatakan people kurang baik, 41,8% menyatakan promotion kurang baik, dan 28,2% menyatakan process kurang baik di Rumah Sakit X Kota Padang. Hasil uji statistik diketahui bahwa terdapat hubungan product (p= 0,007), people (p= 0,012), promotion (p= 0,016), dan process (p= 0,001) dengan loyalitas pasien rawat jalan di Rumah Sakit X Kota Padang.


Keywords


Loyalitas pasien, marketing mix, rumah sakit.

Full Text:

PDF

References


Dinas Kesehatan Kota Padang. (2022). Profil Kesehatan Kota Padang. Padang.

Fauziah SR., Basri B., Abdillah H. (2023). Hubungan Kualitas Pelayanan terhadap Loyalitas Pasien di Ruang Rawat Inap Rumah Sakit Sekarwangi. Journal of Public Health Innovation. 4 (1), 43-50.

Halim F, dkk. (2014). Manajemen Pemasaran Jasa. Medan: Yayasan Kita Menulis.

Hapsa. (2019). Hubungan Bauran Pemasaran (Marketing Mix) dengan Loyalitas Pasien di Unit Rawat Inap RSUD Undata. Preventif: Jurnal Kesehatan Masyarakat. 10 (1), 13-23.

Hurriyaty R. (2015). Bauran Pemasaran dan Loyalitas Konsumen. Bandung: Alfabeta.

Irmawati. (2014). Manajemen Pemasaran Rumah Sakit. Surabaya: University Press.

Irmawati. (2015). Manajemen Pemasaran di Rumah Sakit. Kediri: Institut Ilmu Kesehatan - University Press.

Kemenkes RI. (2023). Rekap Rumah Sakit (Nasional) oleh Direktur Jenderal Pelayanan Kesehatan Kementerian Kesehatan RI melalui https://sirs.kemkes.go.id/ diakses pada 20 Maret 2024.

Latuconsina NA, dkk. (2023). Manajemen Rumah Sakit. Purbalingga: CV Eureka Media Aksara.

Lestari P., Susanto A., Listyorini PI. (2024). Hubungan Bauran Pemasaran dengan Loyalitas Pasien Rawat Jalan Rumah Sakit Muhammadiyah Selogiri. Jurnal Intelek Insan Cendikia. 1(6), 1819-1823.

Permenkes RI No 4 tahun 2018 tentang Kewajiban Rumah Sakit dan Kewajiban Pasien. Jakarta.

Pratiwi L. (2021). Pengaruh Mutu Layanan terhadap Loyalitas Pasien di Rumah Sakit Islam Kota Tasikmalaya. Bunda Edu-Midwifery Journal. 4 (1), 14-17.

Sari AF., Zelfino E., Mustikawati IS., Veronika E. (2023). Hubungan Bauran Pemasaran (Marketing Mix) 7P (Product, Price, Promotion, Place, Process, People, Dan Physical Evidence) dengan Loyalitas Pasien di Unit Rawat Jalan Rumah Sakit St. Carolus Summarecon Serpong Tahun 2021. Jurnal Kesehatan Masyarakat Mulawarman. 5 (1), 32-40.

Setyawan FEB, Supriyanto S. (2019). Manajemen Rumah Sakit. Sidoarjo: Zifatama Jawara.

Supriyanto, S dan Ernawaty. (2022). Pemasaran Jasa Kesehatan. Depok: PT. RajaGrafindo Persada.

Trisna Nadra. (2019). Hubungan Bauran Pemasaran Dengan Keputusan Pasien Memilih Pelayanan Rawat Inap di RSU Aisyiyah Kota Padang Tahun 2019 [Skripsi]. Padang: Universitas Andalas.




DOI: http://dx.doi.org/10.33757/jik.v9i1.1303

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 JIK JURNAL ILMU KESEHATAN

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


E-ISSN : 2597-8594 (Online) P-ISSN : 2580-930X (Cetak)
Publish by STIKes Alifah Padang
Jl. Khatib Sulaiman No 52 B Kota Padang. Telp 0751-7059849. Fax 0751-7059849. Website: www.stikesalifah.ac.id
Email : jik@stikesalifah.ac.id